Hiburan, Seputar dunia

10 Tradisi Ramadan di Seluruh Dunia yang Paling Unik dan Berkesan

Tradisi ramadan – Ramadan merupakan bulan kesembilan di kalendar islam yang dirayakan oleh seluruh muslim di dunia dengan berpuasa selama sebulan penuh...

Written by Annisah Tasriani · 2 min read >

Tradisi ramadan – Ramadan merupakan bulan kesembilan di kalendar islam yang dirayakan oleh seluruh muslim di dunia dengan berpuasa selama sebulan penuh lamanya dari terbit fajar hingga terbenam matahari.  Bulan Ramadan juga menjadi bulan untuk lebih banyak bersyukur, membantu orang yang kurang beruntung, dan lebih dekat dengan sang pencipta.

Banyak tradisi Ramadan di seluruh dunia yang berkesan di hati hingga membuat kita selalu rindu dengan suasana bulan puasa. Ini dia tradisi Ramadan yang ada di seluruh dunia.

 

Tradisi Ramadan 1: Bersalam-salaman

Via: www.daijiworld.com

Ketika Ramadan dimulai, umat muslim di seluruh dunia berbondong-bondong bersalaman sambil mengucapkan ‘Ramadan Mubarak’ di hari pertama puasa. Di Indonesia juga nih biasanya anak sekolahan sebelum mulai masuk bulan Ramadan, mereka berkumpul di lapangan sekolah dan mulai salam-salaman sambil meminta maaf.

 

Tradisi Ramadan 2: Semakin dekat dengan Tuhan

Nah, bulan Ramadan membuat umat muslim merasa lebih dekat dengan Allah. Hal ini dikarenakan umat muslim lebih rajin beribadah baik di rumah maupun di masjid, ditambah di bulan Ramadan ada kegiatan tarawih yang hanya bisa dilakukan di bulan ini. Bahkan, banyak para muslim yang saling membantu memberikan air dan makanan, untuk sahur dan berbuka pusa di masjid.

Baca juga:  5 Cover Lagu Akad Payung Teduh dengan Viewers Jutaan

 

Tradisi Ramadhan 3: Menjadi manusia yang lebih baik

Via: www.oneappsgroup.com

Berpuasa berarti menahan nafsu, amarah, nge-gossip, dan segala sifat buruk lainnya. Di akhir bulan puasa pun para muslim wajib untuk menunaikan zakat. Dimana ia harus memberikan 2.5% dari total kekayaan yang dimiliki.

 

Tradisi Ramadan 4: Merayakan hari dimana alquran pertama kali diturunkan ke Nabi Muhammad

Di malam ke-17 Ramadan, umat muslim merayakan malam lailatul qadar. Orang yang berdoa pada hari lailatul qadar mendapat ribuan kali lebih banyak pahala dibanding hari lainnya.

 

Tradisi Ramadan 5: Lampion cantik sepanjang jalan

Via: www.egyptianstreets.com

Bulan Ramadan juga selalu dipenuhi dengan lampion-lampion cantik di sepanjang jalan di Mesir. Fanous atau lampion ramadan adalah tradisi bagi orang Mesir untuk menyambut Ramadan yang dimulai dari tahun 969 dengan menyalakan lampion ini selama sebulan penuh. Tradisi ini berlanjut hingga sekarang dan menjadi tradisi unik di setiap Ramadan.

 

Tradisi Ramadan 6: Letupan meriam di awal dan akhir, tiap hari selama Ramadan

Via: www.wajibbaca.com

Di beberapa kota di Arab Saudi, ketika matahari terbit dan terbenam mereka menandainya dengan menyalakan meriam. Pada zaman dahulu, tradisi ini dilakukan agar orang-orang dari kejauhan bisa mendengar dan mengetahui waktu subuh dan magrib. Namun kini, hal ini hanya dijadikan sebagai simbol saja karena tentunya zaman sudah semakin canggih sehingga mereka tahu jam untuk memulai puasa dan berbuka.

 

Tradisi Ramadan 7: Hadiah untuk anak kecil

Via: www.qatarclassify.com

Pada hari ke-14 di bulan ramadan, Qatar merayakan tradisi Garangao. Tradisi ini diperuntukan untuk anak-anak, sebagai cara untuk memberikan mereka apresiasi karena telah berpuasa selama hampir setengah bulan lamanya. Garango berasal dari kata Gara. Selama Garango, yang dilakukan setelah solat magrib, anak-anak akan berpakain tadisional dan membawa tas lalu berkeliling di sekitar tetangga sambil menyanyikan lagu Garango. Pada masa lalu, anak-anak diberi kurma, nasi dan gandum. Tapi kini mereka menerima kacang dan permen.

Baca juga:  Tetap Berkomunikasi Baik dengan Sahabat Meskipun Sama-sama Sibuk

 

Tradisi Ramadan 8: Berendam untuk menghilangkan dosa

Via: www.solopos.com

Di beberapa daerah Indonesia, para muslim memiliki tradisi untuk mandi di sungai atau air terjun untuk membersihkan diri mereka secara spiritual dan psikis di bulan Ramadan. Tradisi ini juga dikenal sebagai tradisi padusan.

 

Tradisi Ramadan 9: Tukang bangunin sahur

Via: www.english.alarabiya.net

Dikenal sebagai Mesaharaty, tugas mereka adalah berjalan di pagi hari sambil menabuh rebana dan menyanyikan lagu reliji agar orang-orang bangun untuk sahur. Hingga hari ini tadisi ini masih berlanjut di beberapa Negara, termasuk Mesir.

 

Tradisi Ramadan 10: Acara buka puasa bersama

Via: www.whatson.ae

Banyak tradisi berbuka puasa di seluruh dunia, biasanya mereka mengkonsumsi kurma dan air serta makanan khas negara itu sendiri.

 

Source: www.festivalsherpa.com