Hiburan, Seputar dunia

100% Pure Sewage Popsicles, Es Cantik yang Menyadarkan Masyarakat Akan Bahaya Polusi Air

100% Pure Sewage Popsicles – Popiscles terasa sangat menggiurkan apalagi jika dimakan di siang hari yang panas. Biasanya, popsicles hadir dengan beragam varian rasa...

Written by Annisah Tasriani · 1 min read >

100% Pure Sewage Popsicles – Popiscles terasa sangat menggiurkan apalagi jika dimakan di siang hari yang panas. Biasanya, popsicles hadir dengan beragam varian rasa dan buah-buahan.

Tapi, apa jadinya kalau popsicles terbuat dari 100% limbah?

100% Pure Sewage Popsicles dibuat oleh 3 mahasiswa asal Taiwan

Via: www.facebook.com/PollutedWaterPopsicles/

Hung I-chen, Guo Yi-hui, dan Cheng Yu-ti, adalah 3 orang mahasiswa National Taiwan University of Arts, yang membuat 100 popsicles dari limbah. Ketiga mahasiswa NTUA ini memutuskan untuk membuat 100 popsicles yang spesial sebagai tugas akhir.

Projek akhir mereka dinamakan “100% Pure Sewage Ice Works, Polluted Water Popsicles” Mereka mengambil sample air dari 100 tempat yang diduga terkena polusi air di sekitaran Taiwan. 100 sample tersebut dicampur 1:1 dengan polyester resin dan dibebukan membentuk popsicles.

Salah satu mahasiswa menyebutkan bahwa campaign mereka sebelumnya yang hanya berupa poster tidak efektif untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya polusi air. Jadi mereka memutuskan untuk membuat sesuatu yang orang suka, yaitu popsicle. Karena bagi mereka, popsicle barang transparan dan terlihat menarik di mata semua orang.

 

Popsicles spesial ini terbuat dari air limbah

Via: www.facebook.com/PollutedWaterPopsicles/

Mereka menjelaskan lewat akun fanpage Facebooknya bahwa limbah yang dikumpulkan berasal dari selokan, sungai, tempat memancing dan tempat berpolusi lainnya.

 

Poluted Water Popsicles yang menuai decak  kagum

Via: www.facebook.com/PollutedWaterPopsicles/

Hasilnya sungguh mencenangkan, popsicles terbuat dari air limbah ini ternyata menyaring binatang, limbah industri, dan juga sampah.

Baca juga:  Kopi Sanger Aceh Racikan Khas Daerah, yang Enak dan Wajib Dicoba!
Via: 100% pure sewage popsicles

Air limbah dari Sanchong Riverside Park memiliki applesnail yang merupakan satu dari 100 spesies invasif.

Donshi Fishing Port memiliki sisa jaring bekas memancing dan sisa puntung rokok.

Via: www.facebook.com/PollutedWaterPopsicles/

Setiap popsicles diberi nomor di bungkusannya yang menunjukan urutan keparahan polusi serta tempat diambilnya limbah air tersebut.

Dilansir dari CAN, salah satu pembuat projek ini, Hung I-chen mengatakan bahwa popsicle No.1 yang didapat dari Keelung Harbor merupakan yang terbau dan terjorok, terdapat sisa minyak dari air tersebut. Sementara limbah air dari Yunlil penuh dengan serangga, sedangkan air dari Pingtung relatif lebih bersih.

Projek ini menghabiskan waktu hampir setahun, termasuk untuk mengumpulkan air, membentuknya menjadi popsicle, hingga merancang bungkusan untuk setiap popsicle.

Mereka meminta persetujuan teman-teman sekelasnya tentang design bungkus popsicle. Ia menceritakan teman sekelasnya mempunyai reaksi yang sama ketika membuka bungkus popsicle. Mereka mengatakan “Popsicle ini sangat cantik dan terlihat enak.” Namun, ketika mereka tahu bahwa itu berasal dari limbah mereka ketakutan dan menjauh.

Hung berharap projek ini dapat menyadarkan warga Taiwan agar lebih memperhatikan lingkungan.

 

Projek limbah popsicles ini sukses mendapat Young Pin Design Award

Via: www.facebook.com/PollutedWaterPopsicles/

Projek “100% Pure Sewage Ice Work” sukses membawa keduanya mendapatkan nominasi “Young Pin Design Award.”

 

Ini dia tampilan 100% Pure Sewage Popsicles saat dipamerkan di Taipei World Trade Centre

Via: www.facebook.com/PollutedWaterPopsicles/