Lifestyle

3 Langkah Awal dalam Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Di zaman sekarang ini, kebanyakan orang seakan tidak bisa terlepas dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Media sosial memang dapat memberikan kesenangan tersendiri....

Written by Annisah Tasriani · 1 min read >
Via: www.wersm.com

Di zaman sekarang ini, kebanyakan orang seakan tidak bisa terlepas dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Media sosial memang dapat memberikan kesenangan tersendiri. Namun, media sosial juga bisa menjadi sumber stres atau menurunkan tingkat kepercayaan diri kamu jika kamu salah menggunakannya. Nah, kalau kamu sekarang berada di situasi seperti ini, berarti kamu belum bijak dalam menggunakan media sosial. That’s why, kali ini Terasmetro akan kasih tahu 3 langkah awal dalam menggunakan media sosial dengan bijak.

 

Sebarkan Positivity

Via: www.highsnobiety.com

Kalau kamu berniat ingin mengurangi stres saat menggunakan media sosial, kamu bisa mulai dari postingan kamu sendiri. Mulailah darii media sosial milikmu, kamu bisa  posting artikel positif atau foto dan vidio tentang hal baik yang sedang terjadi di sekitar kamu. Dengan cara ini secara ngga langsung kamu akan mencerahkan suasana media sosial. Hal ini juga bisa berdampak baik ke orang lain yang melihatnya. Oh iya, jangan lupa pikirkan dahulu sebelum menyebarkan apa pun di media sosial. Pikirkan apakah itu berdampak baik atau tidak bagi diri sendiri dan orang banyak.

 

Limit Your Friends List

Via: www.themarysue.com

Sewaktu kamu masih remaja, mempunyai banyak teman di media sosial seperti di Facebook merupakan hal yang keren, walaupun kamu tidak kenal dengan kebanyakan orang tersebut. Tapi sekarang ini, teman-teman tersebut mungkin bisa menjadi bumerang buat kamu. Bisa jadi mereka tidak tahu apa yang sudah kamu lalui lalu mereka nge-judge kamu tanpa tahu yang sebenarnya. Kamu boleh lho unfriend orang yang kamu tidak inginkan atau memang tidak kenal, atau mungkin kamu bisa mengatur agar mereka tidak melihat postingan kamu. Kalau mereka sudah membuat kamu tidak nyaman, mending langsung hapus dia dari daftar teman atau followers di media sosial kamu. Selalu ingat bahwa teman kamu yang sebenernya adalah teman yang ada di dunia nyata. Kamu bisa mulai mengikuti atau menambahkan orang di media sosial milikmu yang membuat kamu senang dan bahagia. Kamu juga punya hak untuk menghapus teman yang malah membuat kamu resah.

Baca juga:  Hindari Konsumsi Makanan Berikut Sebelum Memulai Berolahraga Secara Rutin

 

Batasi Penggunaan Media Sosial

Via: www.bustle.com

Yep, membatasi penggunaan media sosial bisa nge-refresh pikiran kamu lho. Berikan waktu agar pikiran kamu terbebas dari segala hiruk pikuk media sosial untuk beberapa jam dalam sehari. Misalnya, dalam sehari kamu selalu cek media sosial seharian tanpa henti, kamu bisa mulai mengurangi pemakaian media sosial selama 1-2 jam perhari. Cobalah untuk terus mengurangi waktu dan nggak terlalu terpaku dengan media sosial yang ada, sehingga membuat kamu lupa akan kehidupan yang sebenarnya.

Daripada kamu nge-chat teman di media sosial, mending kamu coba untuk telepon dia. Atau daripada kamu nyebarin hoax yang belum tentu benar dan malah menyebabkan keibutan, coba deh kamu baca novel atau buku kesukaan kamu. Jangan terus-menerus membandingkan kekurangan diri kamu sama orang lain di media sosial. Mending mulai sekarang kamu ngelakuin sesuatu yang lebih seru dan positif. Happy you means happy life! 🙂