Hiburan

4 Film Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai, Bukan Kimi no Na Wa?

Buat kamu penggemar anime pastinya tau Makoto Shinkai, dong? Dari sekian banyak film anime yang dibuatnya, sutradara yang disebut-sebut the next Hayao...

Written by Andini Anissa · 3 min read >
anime makoto shinkai

Buat kamu penggemar anime pastinya tau Makoto Shinkai, dong? Dari sekian banyak film anime yang dibuatnya, sutradara yang disebut-sebut the next Hayao Miyazaki itu, memiliki beberapa karya terbaik, loh.

Ya, sebagaimana telah diketahui, salah satu filmnya, Kimi no Na Wa yang rilis pada 2016 menjadi film anime dengan pendapatan tertinggi di dunia mengalahkan Spirited Away garapan Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli.

Sebenarnya, selain Kimi no Na Wa, sutradara Makoto Shinkai juga merilis beberapa film yang tidak kalah menarik.

Nah, apa saja filmnya? Langsung saja berikut ini adalah beberapa karya terbaik salah satu sutradara ternama tersebut.

Kumpulan Film Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai

Film-film buatan Makoto Shinkai terkenal dengan animasi yang terinspirasi dari beberapa lokasi di Jepang yang sebenarnya ada beneran di kehidupan nyata.

Selain itu, film karyanya juga terkenal mampu menggerakkan hati dan menggiring emosi penonton, ditambah dengan musik yang pas banget di setiap adegannya.

Nah, kali ini, penulis telah pilihkan empat film anime terbaik karya Makoto Shinkai yang bisa kamu tonton selagi senggang.

Byōsoku Go Senchimētoru

Dikenal juga dengan sebutan 5 Centimeters per Second (秒速5センチメートル), Byōsoku Go Senchimētoru merupakan salah satu masterpiece Makoto Shinkai.

Dirilis pada 2007, film ini memiliki tiga bagian cerita: Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second.

Byōsoku Go Senchimētoru menceritakan Takaki Tono yang sewaktu kecil berteman dengan perempuan bernama Akari Shinohara. Seiring berjalannya waktu, pertemanan itu berubah menjadi kisah cinta.

Akan tetapi, setelah mereka lulus sekolah, keduanya terpisah karena Akari pindah ke perfektur lain. Setelah itu, Takaki juga pindah ke perfektur Kagoshima yang makin jauh dari lokasi Akari.

Baca juga:  Be Our Guest! Intip Keseruan Premiere Film “Beauty and The Beast” di New York

Dalam film ini, Makoto Shinkai berhasil menampilkan kenyataan hidup yang kejam. Kalau kamu menyaksikannya, kamu bakal merasakan kenyataan yang penulis maksud.

  • Tayang: 3 Maret 2007
  • Durasi: 65 menit
  • Studio: CoMix Wave Inc.
  • Genre: Drama romantis
  • Musik: Tenmon

Kotonoha no Niwa

Dalam Bahasa Inggris Kotonoha no Niwa (言の葉の庭) dikenal dengan The Garden of Words. Ya, ini merupakan film anime kelima Makoto Shinkai yang tayang pada 2013.

Kalau kamu belum pernah menonton film garapannya, penulis merekomendasikan banget sih kamu nonton film ini dulu baru karya-karyanya yang lain.

Kotonoha no Niwa menceritakan murid SMA bernama Takao Akizuki yang memiliki cita-cita ingin menjadi pembuat sepatu.

Ketika hujan turun, dia bolos sekolah dan pergi ke taman bernama Shinjuku Gyoen, yang mana sebenarnya tempat ini ada beneran di Shinjuku, Tokyo.

Pada suatu waktu, Takao bertemu dengan seorang perempuan dewasa bernama Yukari Yukino di taman itu. Yukari memiliki beberapa masalah hidup yang berkaitan dengan pekerjaan dan cinta dan dia lari dari masalahnya dengan pergi ke taman itu.

Durasi filmnya sendiri tidak panjang sekitar 46 menit. Menurut penulis, tema yang menarik dari anime ini adalah hujan. Ya, sekitar 80 persen scene di film itu latarnya hujan.

Kalau kamu nonton kamu bakal melihat hujannya itu pas banget sama situasi di filmnya: hujan lebat berarti para karakter sedang sedih banget dan hujan yang tampaknya indah dengan sedikit pancaran cahaya matahari berarti para karakter berhasil mengalahkan rintangan yang mereka hadapi.

Dalam Kotonoha no Niwa Makoto Shinkai berhasil menunjukkan seorang remaja yang ingin dewasa dan seorang perempuan dewasa yang tidak menjadi dewasa atau beradaptasi di masyarakat.

  • Tayang: 31 Mei 2013 (Jepang)
  • Durasi: 46 menit
  • Studio: CoMix Wave Inc.
  • Genre: Drama romantis
  • Musik: Daisuke Kashiwa
Baca juga:  Intip Ciri Orang Jomblo Ini, Kamu yang Mana?

Tenki no Ko

Untuk film anime yang ini pastinya kamu sudah tau, dong? Tenki no Ko (天気の子) atau Weathering With You merupakan salah satu film anime terbaik yang rilis pada 2019.

Film anime ketujuh karya Makoto Shinkai itu berhasil meraih penghargaan 43rd Japan Academy Film Prize (seperti Oscar-nya Jepang) untuk kategori Animation of the Year dan Outstanding Achievement in Music.

Untuk kamu yang ingin nonton Tenki no Ko, film ini mengisahkan murid SMA bernama Hodaka Morishima yang kabur dari rumahnya yang berada di pulau dan pergi merantau ke Tokyo. Kala itu, cuaca di Tokyo hujan terus tidak berhenti padahal sudah memasuki musim panas.

Setelah luntang-luntung di Tokyo dan gagal mendapatkan pekerjaan karena masih di bawah umur, Hodaka menghubungi pria yang dia temui di kapal saat menuju Tokyo. Pria itu bernama Suga dan dia memiliki perusahaan majalah.

Akhirnya, Hodaka bekerja di perusahaan itu dan ditugaskan untuk membuat artikel tentang gadis yang bisa mengendalikan cuaca.

Nasib akhirnya mempertemukan Hodaka dengan Hina Amano yang ternyata dialah si gadis cuaca. Hina mampu mengubah dan mengendalikan cuaca hanya dengan doa.

Setelah itu, Hodaka, Hina, dan adik Hina, Nagi membantu orang-orang yang berharap cuaca di Tokyo menjadi cerah meski hanya sebentar,

Film anime ini menampilkan beberapa masalah sosial dan beberapa masalah personal yang biasa dialami orang-orang. Sebagai tambahan, Tenki no Ko juga menunjukkan dikotomi antara orang dewasa vs. anak-anak, individualitas vs. dunia, salah vs. benar, dan sebagainya.

Tak hanya itu, yang bikin film ini menarik juga adalah musiknya yang ditulis oleh band rock Jepang, Radwimps.

  • Tayang: 19 Juli 2019 (Jepang)
  • Durasi: 112 menit
  • Studio: CoMix Wave Inc.
  • Genre: Fantasi, romantis
  • Musik: Radwimps

Kimi no Na wa

Mungkin penulis paling merekomendasikan kamu buat nonton Kimi no Na wa (君の名は。) atau Your Name. Film ini berhasil menggiring emosi para penggemar anime di seluruh dunia, tentunya dengan cara yang positif, pada tahun 2016.

Baca juga:  Drama Korea Bertema Persahabatan, Ajarkan Arti Hidup yang Bikin Haru

Film anime garapan Makoto Shinkai ini bisa dibilang salah satu film paling sukses di Jepang dan sangat terkenal banget diseluruh dunia.

Kimo no Na wa menceritakan dua karakter remaja: Taki Tachibana yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang tinggal di desa bernama Itomori.

Pada suatu hari, mereka sadar bahwa selama beberapa hari dalam seminggu, tubuh mereka tertukar. Padahal, keduanya hidup di waktu yang berbeda.

Saat mereka mengetahui bahwa tubuh mereka tertukar, Taki dan Mitsuha semakin mengetahui lebih banyak kehidupan mereka satu sama lain, di saat yang sama keduanya bingung karena fenomena aneh ini.

Tertukarnya tubuh hingga saling kenal itu membuat keduanya jatuh cinta danmulai mencari satu sama lain hingga akhirnya mereka mengetahui sebuah fakta dramatis tentang kehidupan Mitsuha.

Dua hal yang bikin film anime Kimi no Na wa jadi favorit penulis adalah time travel dan tertukarnya tubuh dua karakter utama, Taki dan Mitsuha. Terlebih, pertukaran tubuh ini terjadi pada pria dan yang satunya lagi wanita.

Film ini juga menampilkan gimana kehidupan di kota itu beda banget sama di desa. Dan, soundtrack-nya yang dinyanyikan Radwimps itu keren dan enak banget lagunya (Sparkle dan Nandemonaiya).

Pesan utama dari Kimi no Na wa adalah “pikiran atau otak kamu mungkin bisa lupa tapi hati itu tidak pernah lupa”.

  • Tayang: 26 Agustus 2019 (Jepang)
  • Durasi: 107 menit
  • Studio: CoMix Wave Inc.
  • Genre: Fantasi, drama, romantis
  • Musik: Radwimps

Akhir Kata

Demikianlah beberapa anime terbaik karya Makoto Shinkai versi TerasMetro. Dijamin film-filmnya tidak kalah bagus dari film animasi buatan Disney!