Lifestyle

Awali Minat Baca Kamu dengan Langkah Mudah Berikut

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, sesuatu yang tidak kita ketahui akhirnya menjadi tahu melalui informasi dari buku yang dibaca. Sampai kapanpun,...

Written by Annisa Balqis · 2 min read >

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, sesuatu yang tidak kita ketahui akhirnya menjadi tahu melalui informasi dari buku yang dibaca. Sampai kapanpun, kita tidak akan pernah terlepas dari kegiatan membaca. Jika rajin membaca, secara tidak langsung memberikan “nutrisi baik” pada otak dengan asupan informasi yang diolah terus menerus oleh otak.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Tentu hal ini amat disayangkan, mengingat begitu banyak manfaat positif yang didapat dari membaca serta tingginya kebutuhan akan pengetahuan mumpuni di tengah persaingan era globalisasi ini.

Membaca itu Keren

Via: huffingtonpost.com

Kalau kamu masih berpikir membaca hanya untuk kalangan nerds saja, sekarang hapus bersih pemikiran tersebut. Dengan membaca, kita sudah memenuhi rasa ingin tahu pada suatu hal dan pengetahuan seputar dunia akan semakin bertambah. Membaca juga bisa mencegah pikun di kala tua nanti. Kebanyakan orang sukses membiasakan diri membaca buku-buku dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dengan sebagaimana mestinya.

 

Seimbangkan semua media baca

Via: zippypixels.com

Jika selama ini kamu lebih sering membaca melalui portal berita online, sisipkan bacaan dalam bentuk cetak seperti koran ataupun buku sebagai bahan bacaan sehari-hari yang bisa dibaca saat perjalanan atau saat tiba di kantor maupun sekolah atau kampus. Konten yang ada di koran cetak lebih beragam dan memuat informasi yang masih cukup hangat di hari sebelumnya serta satu berita berisi lebih banyak.  Jika tidak ingin membeli koran, bisa meminjam milik tetangga atau di tempat-tempat publik yang menyediakannya secara gratis.

Baca juga:  Tipe-Tipe Anak Kuliah Masa Kini, Kamu yang Mana?

 

Bergerak ke buku

Via: abouthappybooks.com

Informasi lebih lengkap bisa didapatkan dari buku. Di zaman serba googling ini pasti tidak pernah terlepas dari yang namanya mbah Google. Memang lebih praktis dan cepat melalui internet, namun ada sensasi yang berbeda saat kita membaca buku secara langsung dimulai dari saat memegangnya. Jika belum tahu buku apa yang ingin dibaca, bisa dimulai dari pengetahuan umum yang ringan ataupun novel. Biasakan membaca paling sedikit 10 halaman per hari lalu perlahan naik menjadi satu bab.

 

Cari tempat yang mendukung

Via: pinterest.com

Carilah tempat yang membuatmu merasa nyaman untuk membaca. Jika adanya suara-suara di sekitar bisa membantumu tenang untuk membaca maupun yang sepi seperti perpustakaan, tidak ada salahnya dicoba. Setelah nyaman membaca di suatu tempat, dijamin waktu akan terasa berlalu begitu cepat hingga tak terasa telah menghabiskan waktu dengan cara yang baik dan bermanfaat.

 

Komitmen sepenuh hati

Via: makeuseof.com

Agar membaca menjadi kebutuhan sehari-hari, wajib hukumnya untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk disiplin membaca sesuai jadwal dan tidak ada excuse yang terlalu darurat hingga terpaksa mangkir dari jadwal membaca. Jalani saja semua prosesnya sebagaimana adanya. Awalnya mungkin akan terasa berat, tapi ingatlah dampak jangka panjang yang akan terjadi jika membaca sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Sebenarnya nggak ada kata terlambat lho, untuk memulai sesuatu yang baik dan bermanfaat seperti membaca buku. Terasmetro yakin nggk ada sesuatu yang sia-sia kalau kita memang memiliki niat dan tekad untuk melakukannya. Dengan membaca, secara tidak langsung kita sudah menginvestasikan pengetahuan yang tidak lekang oleh waktu untuk masa depan dan ikut membangun bangsa sendiri menuju kehidupan yang lebih baik dan bermartabat. Jadi, sudah baca apa hari ini?