Hiburan, Seputar dunia

Congratulation! Malala Yousafzai Dinobatkan sebagai Duta Perdamaian Dunia PBB Termuda

Jika kita bicara tokoh muda dunia yang terkenal, nama Malala Yousafzai tidak boleh dilewatkan. Di usianya yang belum genap 20 tahun, namanya...

Written by Annisa Balqis · 1 min read >

Jika kita bicara tokoh muda dunia yang terkenal, nama Malala Yousafzai tidak boleh dilewatkan. Di usianya yang belum genap 20 tahun, namanya sudah terkenal sebagai aktivis pendidikan untuk perempuan di negara asalnya, Pakistan. Baru-baru ini, ia dinobatkan sebagai duta perdamaian PBB dan gelar tersebut diberikan langsung oleh sekretaris jenderal PBB, Antonio Gueterres, seperti yang diberitakan time.com. Gueterres menggambarkan diri Yousafzai sebagai “suatu hal yang (mungkin) terpenting di dunia—pendidikan.”

Di antara jajaran penerimaan gelar duta PBB lainnya, Malala adalah orang termuda yang menerima. Ia menerima gelar ini saat berusia 19 tahun. Nama Malala semakin terkenal saat pada tahun 2012, gadis yang kini tinggal di Inggris itu ditembak oleh pasukan Taliban karena dianggap mempengaruhi perempuan-perempuan Pakistan untuk bersekolah.

Malala tidak hanya menjadi duta PBB termuda. Saat ia berusia 17 tahun pada 2013, ia meraih Piala Nobel Perdamaian dan ini adalah usia termuda yang pernah meraihnya.  Namanya pun masuk dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME di tahun yang sama. Tidak hanya itu, gadis berambut hitam ini membagi kisah hidupnya dalam buku autobiografi.

Dalam pidatonya setelah penerimaan gelar di New York, Amerika Serikat, Malala menyampaikan bahwa jika seseorang ingin memiliki masa depan yang cerah, harus dimulai sejak saat ini dan tidak menunggu dari orang lain. Selama menjalankan tugas sebagai duta perdamaian PBB, Malala akan mengemban tugas untuk menyebarkan misi perdamaian yang dijalankan PBB dan ia menjalankan tugas ini selama 3 tahun.

Wah, gak nyangka ya, di usia yang masih sangat muda, ada seorang perempuan yang berani memperjangkan hak untuk membela kepentingan umat banyak. Meski sempat mendapat kecaman dan diintimidasi hingga membahayakan nyawanya, Malala tidak mengambil langkah mundur untuk menyuarakan kesetaraan bagi perempuan khususnya dalam hal pendidikan. Menurut Terasmetro, Malala sangat pantas dijadikan panutan agar kita termotivasi untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil dan di lingkungan tempat tinggalmu. Tidak ada salahnya lho, untuk berbuat baik pada sesama selagi kita mampu untuk melakukannya.

Baca juga:  Soundtrack Drama Korea dari Drama Lama Terpopuler Hingga Kini

 

Source: time.com, tempo.com