Fashion, Hiburan, Kekinian

Parade Busana Daerah di Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-72

Busana Daerah – Bulan Agustus selalu ditunggu seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya. Pasalnya, bulan Agustus adalah waktu dimana Indonesia menyatakan kemerdekaan dari...

Written by Annisa Balqis · 2 min read >

Busana Daerah – Bulan Agustus selalu ditunggu seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya. Pasalnya, bulan Agustus adalah waktu dimana Indonesia menyatakan kemerdekaan dari penjajah, tepatnya di tanggal 17 Agustus 1945. Dari Sabang sampai Merauke seluruh rakyat Indonesia menyambutnya dengan sukacita dan berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan.

Salah satu momen yang tidak pernah terlewatkan setiap tahunnya adalah upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Negara. Upacara yang dipimpin langsung oleh presiden ini mengharuskan setiap tamu yang datang bersikap khidmat dan berpakaian formal. Namun, ada yang berbeda dengan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke – 72. Jika para tamu biasanya diharuskan memakai setelan formal, di tahun 2017 ini semua tamu yang hadir disarankan memakai busana daerah lengkap dengan aksesorisnya–dan tidak harus sama dengan daerah asalnya. Hasilnya, upacara pengibaran bendera di Istana Negara terasa berbeda dan penuh warna.

Beragam busana daerah yang hadir makin menunjukkan jika Indonesia memiliki budaya yang beragam dan saling menyemarakkan keberagaman yang ada. Buat yang penasaran bagaimana ramainya busana daerah yang ada, Terasmetro sudah merangkum busana daerah yang dipakai oleh para tamu dari berbagai sumber. Yuk disimak!

Busana Daerah #1: Baju Bodo dan Beskap Jawa

Via: instagram.com/novitaangie

Presenter Novita Angie dan Iwet Ramadhan didaulat menjadi MC saat upacara penurunan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2017. Untuk ikut memeriahkan acara dengan baju daerah sebagai “dress code”, Angie memakai baju Bodo khas suku Bugis, Sulawesi Selatan dipadukan dengan sarung Makassar dan aksesorisnya. Sedangkan Iwet mengenakan beskap Jawa dan dalaman kemeja putih. Tak lupa ia mengenakan blangkon dan kain batik sebagai bawahan.

Baca juga:  Gong Yoo Main Iklan Bareng Tatjana Saphira. Jangan Baper ya!

Busana Daerah #2: Rok Rumbai khas Papua

Via: www.instagram.com/duwiry

Kapolri Tito Karnavian dan istrinya, Tri Suswati menjadi salah satu tamu undangan yang hadir dalam upacara pengibaran bendera di Istana Negara pada pagi hari. Ingin tampil total, pasangan suami istri ini mengenakan hiasan kepala bernuansa etnik khas Papua. Tidak hanya itu, Tri melengkapi penampilannya dengan rok rumbai, gelang kaki, dan kalung berbahan kerang. Tak lupa ia juga mengenakan atasan rajut berwarna coklat dan mangset baju berwarna hitam yang dihiasi motif khas Papua di bagian tangan.

Busana Daerah #3: Kebaya Bali dan Linto Baro

Via: instagram.com/isyanabagoesoka

News anchor Isyana Bagoes Oka dan Mochamad Achir turut mengambil bagian dalam pelaksanaan upacara pengibaran bendera. Isyana memilih mengenakan kebaya khas Bali berwarna merah lengkap dengan ikat pinggang berwarna emas beserta bros besar dan hiasan bunga-bunga di kepala. Penampilannya makin menawan dengan bawahan kain batik dengan perpaduan warna merah dan putih. Partnernya, Mochamad Achir, memakai setelan khas pria Aceh yang biasa disebut Linto Daro, yaitu atasan serba hitam dengan hiasan bordir berwarna emas pada bagian badan dan ujung celana. Tak lupa kopiah khas Aceh untuk makin menguatkan identitas tanah rencong yang disebut Meukotoh.

Busana Daerah #4: Baju Pesaan 

Via: instagram.com/nahrawi_imam

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi beserta istrinya, Shobibah Rohmah kompak datang ke Istana Negara dengan mengenakan pakaian khas Jawa Timur, Baju Pesaan. Busana daerah ini umumnya dikenal sebagai baju khas Madura. Imam mengenakan setelan outer dan celana gombrong hitam serta dalaman berwarna merah motif bermotif garis horizontal. Tubuhnya dililit dengan kain batik beserta odheng atau ikat kepala. Sedangkan sang istri mengenakan kebaya berwarna merah yang ujungnya diikat hinga di atas pinggul dan kain batik dengan panjang 7/8 sebagai bawahan. Tidak lupa ditambahkan beberapa aksesoris seperti gelang kaki, anting bulat, dan headpiece.

Busana Daerah #5: Baju Adat Dayak Ngaju

Via: instagram.com/sheilabaladraf

Corak etnik nan mencolok dari baju khas Dayak ini memang selalu menarik perhatian. News anchor Sheila Baladraf membawa keindahan Dayak lewat baju khas Dayak Ngaju yang dikenakannya. Warna hitam pada atasan dan rok yang dikenakan terasa kontrak dengan motif etnik berwarna cerah. Tak lupa hiasan rumbai berwarna di bagian pinggang makin mempercantik penampilan.

Baca juga:  Pesan Pejabat untuk Cinta Indonesia di Hari Lahirnya Pancasila

Busana Daerah #6: Baju Adat Bali Payas Agung dan Beskap Jawa

Via: instagram.com/zoelnaghi

Baju daerah khas Bali dan Jawa Tengah kembali menambah semarak perayaan HUT Republik Indonesia ke-72. News anchor Utrich Farzah tampil anggun mengenakan busana daerah khas pengantin Bali yang disebut Payas Agung lengkap dengan hiasan kepala dan sanggulnya serta kalung besar berwarna emas. Sedangkan Zoelfikar Naghi tampak gagah dengan setelan beskap berkancing dan kain batik berwarna coklat sebagai bawahan.

Busana daerah mana yang jadi favoritmu? Apapun pilihanmu, semuanya tetap milik Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia ke-72, semoga semakin maju dan rakyatnya makin sejahtera. Merdeka!