Lifestyle

Selain Untuk Teman Nongkrong, Ini Manfaat Kopi dan Teh

Kopi dan teh sudah menjadi bagian dari setiap aktivitas orang-orang pada umumnya. Mereka hadir untuk memulai hari, menemani bekerja, menemani di setiap...

Written by Veronica Tyas M · 1 min read >

Kopi dan teh sudah menjadi bagian dari setiap aktivitas orang-orang pada umumnya. Mereka hadir untuk memulai hari, menemani bekerja, menemani di setiap obrolan bersama teman, hingga ada pula yang hadir untuk menutup hari sebelum beristirahat.

Setiap penjuru di dunia memiliki jenis kopi dan teh mereka masing-masing yang tentunya memiliki khas serta rasa yang berbeda-beda. Kopi dan teh juga bukan hanya sekedar minuman yang nikmat lho. Hasil bumi ini juga tentunya memiliki manfaat yang mungkin belum diketahui oleh banyak penikmatnya. Nah, Terasmetro sudah merangkum manfaat  kopi dan teh untuk kamu.

Kopi

Via: www.dementiaresearchfoundation.org.au

Seperti yang kita tahu kopi memiliki zat kafein yang cukup tinggi. Kafein ini merupakan zat psikoaktif yang jika kita minum maka akan diserap ke dalam aliran darah yang kemudian bergerak mengalir hingga ke otak. Hal ini dapat meningkatkan fungsi otak seperti memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi serta tingkat reaksi. Mungkin ini yang jadi alasan beberapa orang memilih minum kopi sebelum mereka bekerja atau melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi sehingga pekerjaan mereka akan dapat dikerjakan dengan baik.

Selain manfaat di atas ada juga manfaat yag sepertinya belum banyak diketahui oleh orang-orang. Jika kalian teliti, Zat kafein pada kopi ini ditemukan pada hampir semua suplemen pembakaran lemak. Studi mengatakan jika kafein meningkatkan metabolisme manusia sekitar 3 hinggan 11 persen. Ada juga studi penelitian yang menyatakan jika kafein meningkatkan pembakaran lemak 10% pada orang yang obesitas. Otomatis jika minum kopi secara bijak dan baik, bisa membantu kita menurunkan berat badan karena dengan minum kopi dapat meningkatkan pembakaran lemak di tubuh kita. Yeay!

Baca juga:  Lagu Indonesia Berikut Ini Nge-hits Banget Sepanjang Tahun 2017

Nggak cuma kafein lho yang terkandung di dalam kopi. Minuman berwarna hitam pekat ini juga kaya akan banyak zat-zat baik yang bagus untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam satu biji kopi, seperti: Vitamin B2, Vitamin B5, Kalium dan Magnesium.

 

Teh

Via: www.drinkpreneur.com

Nggak kalah dengan kopi, minuman yang membawa ketenangan ini juga nggak sedikit manfaatnya. Teh mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Sebuah studi dari Belanda mengatakan jika kita minum 2-3 cangkir teh hitam setiap hari  mengurangi risiko 70 % terkena serangan jantung fatal dari pada orang yang tidak meminum teh.

Terdapat penilitian juga yang mengatakan jika orang yang minum teh rutin selama 10 tahun memiliki tulang kuat karena teh memiliki kandungan phytochemical  yang merupakan zat untuk membantu melindungi tulang. Selain itu, dengan rutin minum teh dapat berpengaruh besar dalam meningkatkan sistem kekebalan atau imun di dalam tubuh sehingga kita nggak gampang terserang penyakit.