Lifestyle

Yuk Tidur Siang Sehat dengan Cara Berikut Ini

Tidur siang tidak hanya sebatas kebutuhan bayi dan anak-anak saja. Kebutuhan akan tidur siang tidak memandang berapa usia seseorang. Telah banyak penelitian...

Written by Annisa Balqis · 1 min read >

Tidur siang tidak hanya sebatas kebutuhan bayi dan anak-anak saja. Kebutuhan akan tidur siang tidak memandang berapa usia seseorang. Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang memiliki manfaat baik bagi tubuh dan kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, membuat otak lebih fokus berpikir, dan sebagainya. Supaya tidur diang hari lebih berkulaitas, Terasmetro akan berbagi beberapa caa yang sudah dianjurkan para pakar dari berbagai sumber.

20-25 menit adalah waktu yang cukup

Via: www.myhousecallmd.com

Menurut Dr. W. Christopher Winter, pemiliki Charlottesville Neurology and Sleep Medicine in Vriginia mengatakan, menghabiskan waktu tidur siang selama 20-25 menit adalah durasi terbaik. Waktu yang tidak terlalu lama dapat membuat tubuh lebih fresh tanpa jatuh terlalu lelap dalam tidur yang lelap. Jika dengan waktu tersebut merasa terlalu singkat, set alarm setiap 30 menit sekali agar tubuh lebih mudah terbagun saat kita belum dalam tahap tidur yang lebih dalam.

 

Jadwalkan waktu tidur di awal hari

Via: www.bicycling.com

Agar tiudr siang berkualitas, atur waktu tidur yang sama secara konsisten setiap hari. Dengan membiasakan diri tidur siang di jam yang sama setiap hari, secara otomatis otak memberikan sinyal pada tubuh untuk tidur. Agar tidur siang tidak mengganggu kemampuan untuk tidur di malam hari, pilih waktu tidur sebelum jam dua belas siang.

 

Jauhkan pandangan dari cahaya

Via: entrepreneur.com

Adanya cahaya saat tidur, baik dari lampu, sinar gadget, matahari, dan sebagainya dapat mengganggu kualitas tidur dan adaptasi tubuh saat akan tidur. Selain mematikan semua benda yang bercahaya atau menutup celah, bisa juga dibantu dengan memakai masker kain khusus untuk menutup mata saat tidur.

Baca juga:  Lagu Indonesia Berikut Ini Nge-hits Banget Sepanjang Tahun 2017

 

Cari posisi untuk tidur

Via: www.thecumminschronicle.in

Jika kita tidak memungkinkan untuk tidur dalam posisi horizontal seperti berada di kamar—seperti saat berada di kantor atau mobil—cobalah tidur dengan posisi vertical sejajar sandaran kursi atau sedikit miring yang akan lebih memudahkan untuk tidur dan bernapas.

 

Kecilkan volume suara

Via: sleep-centre.ca

Lingkungan yang berisik untuk sebagian orang dapat mengganggu saat tidur dan sulit memejamkan mata. Gunakan headset atau earphone yang dapat meredam suara-suara yang terdengar di telinga.

 

Pasang aromatherapy dari Lavender

Via: herbaldoc.ru

Salah satu studi dalam Perceptual and Motor Skills mengatakan bahwa orang yang tidur dengan menghirup wewangian lavender akan tidur lebih baik dan bangun dalam kondisi lebih bugar. Jika menghirup wewangian lavender saat tidur siang atau malam, dengan memanfaatkan kemampuan otak untuk menyimpan memori bau, secara otomatis tubuh akan diberikan pertanda untuk lekas bangun.

Sumber: motto.time.com